Rabu, 19 Juni 2013

Kebahagiaan Bermurah Hati

Dalil dari Alquran
(QS. An Nisa: 54)
(QS. Al Baqarah: 109)
(QS. An Nisa: 32)
(QS. Ali Imran: 119-120)
(QS. Asy Syu’ara: 88-89)
(QS. Al Hasyr: 9-10)
(QS. Al Maidah: 27)

Dalil dari Alhadits
Sahabat Abi Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Jauhilah olehmu berprasangka. Sebab berprasangka adalah sejelek-jelek perkataan. Dan janganlah kamu suka mencampuri urusan orang lain, janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, janganlah saling bermegah-megahan, janganlah saling dengki mendengki, janganlah saling benci membenci, dan janganlah kamu saling jauh menjauhi. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara sebagaimana yang telah diperintahkan kepadamu. Seorang muslim dengan muslin lain adalah saudara. Janganlah saling menganiaya, jangan saling men­dengki, dan jangan saling menghina. Sebab taqwa itu di sini (di dalam hati." Berkata demikian Rasulullah sambil menunjuk ke arah dada. Selanjutnya beliau bersabda: "Menghina terhadap sesama muslim termasuk perbuatan dosa. Setiap muslim dengan muslim lain adalah haram dirampas darahnya, kehormatannya, dan harta bendanya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabat Abi Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Jauhilah olehmu perbuatan dengki. Sebab dengki bisa menghapus segala amal kebaikan sebagaimana api menyala yang menghabiskan kayu bakar." (HR. Abu Dawud).

Sahabat Anas bin Malik ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Janganlah kamu saling mendengki, jangan­lah saling membenci dan janganlah saling jauh menjauhi. Jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara." (HR. Muslim).

Sahabat Abi Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Allah swt tidak akan melihat kemolekan wajahmu dan kekayaanmu, tetapi Allah akan melihat hati dan amal perbuatanmu." (HR. Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar