Jumat, 28 Juni 2013

Al-Ghazwu Al-Fikri ( Pengertian Perang Pemikiran

Ridha (QS. 2:207 , 284 , dan 286 ) Apa yang Allah kehendaki (QS. 76:30 , 18:24 , 3:26 , 31:29 ) Terhadap kita - alam ghaib (QS. 6:59 , 2:3 ),
merupakan qadha dan qadar (QS. 9:51 , 57:22 ),
dia tidak ditanya apa yang diperbuat (QS. 21:23 ),
 tidak dapat dipelajari (QS.17:85 ),
untuk diambil hikmahnya (QS. 57:23 )
Terhadap alam (QS. 25:2 ),
alam eksperimen (QS. 35:28 )
 merupakan sunatullah di alam (QS. 41:53 ),
 untuk dikaji/dipela-jari dan dijadikan sarana (QS. 3:190 )
 untuk dimanfaatkan (QS. 11:61 )
Dari diri kita (QS. 57:16
, alam nyata (QS.30:7 ),
merupakan taqdir syar'i (QS. 4:65 , 6:153 , 42:13 ),
 untuk dipelajari dan diamalkan (QS.9:105 ),
mereka akan ditanya (QS. 21:23 ),
untuk ditaati (QS. 24:51 ).
 Keyakinan (QS.49:15 )

pentingnya tarbiyah

Memahami urgensi tarbiyah dalam membentuk khairu umah dan akibat-akibat yang ditimbulkan karena ketiadaan tarbiyah
Dapat menyebutkan marahil yang ditempuh Rasulullah dalam melakukan tarbiyah
Menyadari bahwa terwujudnya pola tarbiyah yang benar dapat memberikan kenikmatan yang besar dalam kehidupann umat.
Kisi-kisi Materi
Umat jahiliyah (QS. 39:64 , 25:63 )
Ciri-cirinya adalah:
Bodoh (QS. 33:72 )
Hina (QS. 95:4 -5 )
Lemah (QS. 4:28 )
Miskin(QS. 35:14 )
Berpecah belah (QS. 3:103 )
Berada dalam kesesatan yang nyata (QS. 62:2 )
Penyelamatan Allah swt. melalui Rasul-Nya yaitu memberikan tarbiyah (pendidikan) (QS.2:151 , 3:164 , 62:2 )
Tarbiyah memiliki tiga tahapan:
Tilawah (membaca)(QS. 96:1 , 2:121 )
Mensucikan (QS. 91:7 , 8 , 9 , dan 10 , 92:17 , 18 , 19 , 20 dan 21 )
Mengajarkan pedoman (QS. 3:79 )
Hasilnya adalah kenikmatan yang besar yaitu:
Pengetahuan (QS. 96:5 , 93:7 , 49:17 )
Kemuliaan (QS. 63:8 )
Kekuatan (QS. 8:60 , 93:8 )
Persatuan (QS.21:90 , 3:103 )
Kesemuanya membentuk umat yang terbaik (QS. 3:110 )